300x300

Sunday, November 20, 2011

Profil Madrasah MI NURUL HUDA CENGKOK


Jejak Langkah Sasaran MEDP
(Madrasah Education Development Project)
(Catatan 2007–2010)

A.      Sejarah Madrasah
MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA CENGKOK. Madrasah ini didirikan di daerah pedesaan, dibangun di atas tanah seluas 1360 m2 dengan luas bangunan Madrasah 640 m2 dan bertempat di desa Cengkok, kec. Ngronggot, kab. Nganjuk, propinsi Jawa Timur. Jarak Madrasah dari pusat kecamatan 5 km dan jarak dari Otada 30 km.
Madrasah Ibtidaiyah NURUL HUDA merupakan sebuah pendidikan Islam yang berciri khas Islam Ahli Sunnah Waljama’ah, di bawah kepengurusan Yayasan Pendidikan Nurul Huda dan di bawah pembinaan Departemen Agama wilayah kabupaten Nganjuk dengan NSS/NSM : 111235180044.
Madrasah Ibtidaiyah NURUL HUDA didirikan pada tahun 1960. Pada awal berdirinya, Madrasah ini bernamakan Al – Huda dengan sistem pendidikan yang masih ala pondok pesantren (tradisional) dan kegiatan belajar mengajar dilakukan pada sore hari (diniyah). Pada tahun 1978, terjadilah perubahan nama menjadi Madrasah Ibtidaiyah NURUL HUDA sampai sekarang dengan sistem pendidikan yang sudah mengacu pada sistem pendidikan nasional dan proses kegiatan belajar mengajar dilakukan pada pagi hari.
Pengesahan SK tentang akreditasi lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah NURUL HUDA ditandatangani oleh H. Roziqi selaku Kakanwil Depag Jawa Timur pada tanggal 232 Maret 2005 sebagai madrasah peringkat A dengan nomor : A/KW.13.4/367/2005.
Silsilah perjalanan / perubahan dari tahun ke tahun menunjukkan kemajuan, dilihat dari kwalitas maupun kwantitas mutu pendidikan, tahun 1978 Madrasah telah terakreditasi (terdaftar), tahun 1992 akreditasi madrasah (diakui) dan pada tahun 2005 telah memenuhi target tipe A.
Madrasah Ibtidaiyah NURUL HUDA mempunyai visi dan misi ke depan, yaitu dengan VISI MADRASAH “Terciptanya generasi muda yang berimtaq dan beriptek serta berakhlakul karimah” dan MISI MADRASAH “Mencetak generasi muda yang kreatif, beriman, berilmu pengetahuan dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari” yang mempunyai cirri khas Islam Ahli Sunnah Waljama’ah (setiap pagi sebelum pelajaran membaca juz Amma, melaksanakan shalat Dhuha dan shalat Dhuhur berjama’ah) dan mempunyai semboyan “fight, go, and win” (berusaha, maju, dan sukses).







B.       Visi dan Misi Madrasah
1.      Visi Madrasah
Terciptanya generasi muda yang berimtaq dan beriptek serta berakhlakul karimah.
2.      Misi Madrasah
Mencetak generasi muda yang kreatif, beriman, berilmu pengetahuan, dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.
C.      Perkembangan Siswa dan Guru
1.      Siswa
No.
Kelas
Jumlah Siswa
2006/2007
2007/2008
2008/2009
2009/2010
L
P
L
P
L
P
L
P
1
I
20
18
12
16
11
17
10
19
2
II
11
12
20
16
12
19
11
18
3
III
15
11
11
12
20
14
11
16
4
IV
12
18
15
11
11
12
20
14
5
V
16
13
12
18
15
10
11
12
6
VI
12
15
16
12
11
18
15
10
JUMLAH
86
87
86
85
80
90
78
89

2.      Guru
No.
Nama Guru
Jenis Kelamin
Pendidikan
Sertifikasi
Tunjangan Profesi
L
P
1
Ali Musthofa, S.Pd.I
L

S-1
-
-
2
Samsuniyah, S.Pd.I

P
S-1
sudah
belum
3
Syaifulloh, S.Pd.I
L

S-1
sudah
belum
4
Surateni, S.Pd.I

P
S-1
-
-
5
Munasir, S.Ag
L

S-1
-
-
6
Jupri, S.Pd.I
L

S-1
-
-
7
Moh. Sholeh Abidin, S.Pd
L

S-1
sudah
belum
8
Ulik Anuroh, S.Pd.I

P
S-1
-
-
9
Munjiati, S.Pd.I

P
S-1
-
-
10
Wahyudi Ridlo
L

D-II
-
-
11
Fitrti Anasari

P
SMK
-
-
12
M. Burhan Efendi
L

MA
-
-
13
Suryani
L

MA
-
-
JUMLAH
8
5
-
3
-












D.      Perkembangan Capaian Akademis Madrasah
a.       Hasil Ujian Nasional
No
Mata Pelajaran
Hasil UAN
2007
Hasil UAN 2008
Hasil UAN
2009
Hasil UAN 2010
T
R
RT
T
R
RT
T
R
RT
T
R
RT
1
Bahasa Indonesia
8.24
5.00
6.17
8.80
2.80
6.26
8.40
3.60
6.72
9.20
3.00
6.45
2
Matematika
8.00
5.00
5.68
7.75
2.00
4.38
9.75
3.75
6.05
10.0
2.25
4.75
3
IPA
7.88
5.00
5.52
9.00
3.00
5.35
9.00
4.50
7.00
7.75
3.25
6.34
JUMLAH
24.12
15.00
17.37
25.55
7.80
15.99
27.15
11.85
19.77
26.95
8.50
17.57


























( T : tinggi, R : rendah, RT : rata-rata )
b.      Akreditasi Madrasah
Akreditasi
2007
2008
2009
2010
-
-
-
B
c.       Prestasi Murid
No.
Nama Murid
Prestasi
Akademis
Non Akademis
1.
Nailil Muna
Juara I CCNU
-
2.
Iva Ellita

Juara I Kaligrafi
d.      Prestasi Guru
No.
Nama Guru
Prestasi
Akadamis
Non Akademis








*      Tulis guru yang mendapatkan prestasi saja.
e.       Sarana Prasarana
1.      Sarana Fisik
No.
Sarana
Jumlah
2007
2008
2009
2010
1
Ruang Kelas
6
6
6
6
2
Ruang Perpustakaan
1
1
1
1
3
Ruang Laboratorium IPA
-
-
-
-
4
Ruang Laboratorium IPS
-
-
-
-
5
Ruang Laboratorium Bahasa
-
-
-
-
6
Ruang Laboratorium Komputer
-
-
-
1
7
Ruang Unit Kesehatan Sekolah
1
1
1
1
8
WC / kamar mandi
4
4
4
4
9
Ruang Kantor
1
1
1
1
*      Jika ada lagi yang bellum tercantum dalam kolom, mohon ditulis.
2.      Prasarana Fisik
No.
Prasarana
Jumlah
2007
2008
2009
2010
1
Perpustakaan
a.    Buku Pengayaan
b.   Buku Referensi
c.    Buku Panduan Pendidik

200 judl


12

-


6

-

-
2
Laboratorium IPA
a.    KIT Peraga
b.   Rangka tubuh manusia





3 set


3 set
1 set
3
Laboratorium IPS
a.KIT




CD Peta Tematik

5 peta
4
Laboratorium Bahasa





5
Laboratorium Komputer
a.    Destop
b.   Lap Top
c.    Multimedia
d.   Website, E-mail

-
-
-
-

-
-
-
-

-
-
-
-

1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
6
Unit Kesehatan Madrasah (UKM)
a.     





f.       Kelembagaan dan Akses Madrasah
1. Peran dan Kegiatan Komite Madrasah.
    Ikut menangani sarana prasarana Madrasah seperti pembangunan fisiknya dan pembiayaanya dan memantau perkembangan madrasah
2. Peran dan Kegiatan MGMP, KKG.
    Penggerak terlaksananya KKG di tingkat kecamatan
3. Hubungan madrasah dengan dunia usaha/industri.
4. Hubungan madrasah dengan Perguruan Tinggi.
    Sebagai nara sumber dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru madrasah
5. Hubungan madrasah dengan ormas pendidikan.
6. Hubungan madrasah dengan LPMP.
7. Hubungan madrasah dengan lembaga bimbingan belajar.
8. Hubungan madrasah dengan lembaga internasional/nasional.
    Mendapatkan bantuan ADB melalui MEDP
9. Hubungan madrasah dengan yayasan Pendidikan/Badan Hukum Pendidika Penyelenggara
10. Hubungan madrasah dengan media massa.
11. Hubungan madrasah dengan pemerintah daerah.
    Pernah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2007,berupa bangunan Fisik
    Dan buku pengayaan.

0 comments:

Post a Comment

TERIMAKASIH ATAS KOMENTARNYA.
Kapan-kapan komentar disini lagi ya?????