300x300

Monday, December 12, 2011

Status BANSER dalam GP. Ansor


Barisan Ansor Serbaguna (Banser) adalah merupakan tenaga inti Gerakan Pemuda Ansor yang bertindak sebagai kader penggerak, pengemban dan pengaman program-program kemasyarakatan Gerakan Pemuda Ansor, dengan pengertian kader sebagai anggota yang memiliki kwalifikasi disiplin dan berdedikasi tinggi, memiliki ketahanan fisik dan mental yang tangguh penuh daya juang dan dapat mewujudkan cita-cita Gerakan Pemuda Ansor dan kemaslahatan Umum.
Banser memiliki tugas merencanakan, mempersiapkan dan mengamalkan cita-cita perjuangan  serta menyelamatkan dan mengembangkan hasil-hasil perjuangan yang dicapai oleh Gerakan Pemuda Ansor. Memperhatikan hal ini maka Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tidak memiliki orientasi lain dalam bertindak dan bersikap melainkan tetap pada koredor dan plat form yang telah ditata dan direncanakan oleh Gerakan Pemuda Ansor.
Banser mempunyai tanggung jawab menjaga, memelihara dan menjamin kelangsungan hidup serta kejayaan organisasi Gerakan Pemuda Ansor khususnya dan Nahdlatul Ulama pada umumnya, serta dengan kekuatan komponen Bangsa yang lain untuk tetap menjaga dan menjamin keutuhan bangsa dan negara Indonesia dari segala ancaman, hambatan, gangguan dan tatangan yang dapat merongrong integritas dan keutuhan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.
Dalam pelaksanaan keorganisasian Banser dikendalikan dan diawasi oleh Gerakan Pemuda Ansor disemua tingkatan dengan pola dan mekanisme koordinasi Ketua Gerakan Pemuda Ansor mempunyai kewenangan untuk memberikan instruksi kepada Komandan di semua tingkatan. Sedangkan hubungan antara Komandan kepada Ketua GP Ansor disemua tingkatan hanya terbatas pada hubungan konsultatif. Pola pelaksanaan organisasi ini menunjukkan bahwa pemberian status semi otonom pada Banser merupakan kewenangan yang diberikan oleh Ketua GP. Ansor  pada Satuan Koordisasi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan internal Banser, sedangkan untuk kepentingan eksternal harus terkait langsung dengan ketua GP. Ansor.
Pengertian semi otonom seperti dijelaskan di atas harus dipahami secara menyeluruh oleh para pelaksana Organisasi Banser, sehingga akan dapat mengantisipasi terjadinya ketimpangan organisasi dimana Banser merasa memiliki nilai lebih ketimbang Gerakan Pemuda Ansor sehingga mereka tidak mau dikendalikan dan di arahkan oleh Gerakan Pemuda Ansor.
Mekanisme kerja antara GP. Ansor dengan Banser di semua tingkatan memenuhi mekanisme sebagai berikut :
 Image

0 comments:

Post a Comment

TERIMAKASIH ATAS KOMENTARNYA.
Kapan-kapan komentar disini lagi ya?????