300x300

Wednesday, December 28, 2011

Prinsip Berinvestasi

Banyak orang yang sukses dalam dunia investasi, namun banyak juga yang bangkrut saat melakukan bisnis investasi. Untuk itu kita coba mencari tahu dan mengumpulkan pengalaman-pengalaman dari orang sukses dalam bidang ini.

Perlu kami ingatkan dengan tegas di sini, bahwa setiap bisnis Investasi adalah bisnis yang punya RESIKO TINGGI. Ya sekali lagi saya tegaskan Resiko Tinggi. Jadi kita tidak boleh melihat hanya dari sisi profit yang menarik saja, tapi tentu nya kita WAJIB mengenali resiko dari setiap investasi yang mau kita lakukan.

“Jika anda tergolong orang yang tidak berani mengambil Resiko dan Takut Gagal, maka bidang Investasi Online seperti ini bukanlah peluang yang cocok untuk Anda”.

Pahami dulu Prinsip Investasi nya agar kita dapat melakukan manajemen resiko dengan baik. Beberapa prinsip Investasi yang perlu kita ketahui adalah sbb :

1. Harus sadari 100% bahwa ini bisnis yang beresiko tinggi, sehingga anda perlu melakukan manajemen resiko dan strategi sebelum melakukan investasi. Kenapa demikian? Karena tidak ada jaminan berapa lama sebuah bisnis investasi dapat bertahan. Kalau suatu hari perusahaan bubar, maka anda harus siap dengan resiko kehilangan dana investasi anda.

2. Sejarah membuktikan bahwa belum ada bisnis investasi atau sistem ROI yang bertahan lama saat ini. Dari yang pernah ada, maximal bertahan 2.5 tahun seperti Swiss Cash ,Sunshine Empire dan Probest , bahkan ada yang belum 1 bulan pun sudah bubar seperti Goldfields. Untuk itu telitilah sebelum bergabung. Dan kita berharap suatu hari akan ada bisnis investasi yang bisa bertahan lama.

3. Jangan bernafsu dalam melakukan investasi, walaupun perusahaan yang kita ikuti rutin melakukan pembayaran. Karena kita tidak bisa menebak apa yang akan terjadi esok harinya. Kesalahan besar yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah karena nafsu ini. Karena terlalu idealis dengan perusahaan investasi yang diikutinya, maka banyak orang berspekulasi memasukkan seluruh keuangan yang mereka punya, bahkan ada yang berhutang, menggadaikan rumahnya, dengan harapan bisa peroleh keuntungan besar. Namun yang sering terjadi malah sebaliknya, pada saat apes perusahaan bubar, maka jadi stress dan gigit jari.

4. Bagilah investasi anda di beberapa tempat yang menurut anda masih layak untuk dilakukan investasi. Jangan hanya menumpuk pada satu perusahaan. Jika salah satu perusahaan bubar, maka anda masih bisa menutupi kerugian anda dari keuntungan investasi di tempat lain. Karena saat ini sangat banyak sekali penawaran investasi, dan sebagian besar di antaranya hanya bertujuan untuk menipu.

5. Pilihlah perusahaan yang memang melakukan Trading, jika dia perusahaan Trading. Karena kita tahu bahwa perusahaan ini memang melakukan transaksi perdagangan (trading) untuk memutarkan investasi para member. Tapi kita tetap harus menyadari tidak selalu setiap trading itu menang. Jadi tidak boleh idealis dalam investasi. Banyak juga perusahaan yang menyatakan dirinya trading, namun sebenarnya tidak ada trading tapi hanya mengumpulkan uang sesaat saja. Teliti sebelum membeli.

6. Jika anda pernah gagal, lalu KAPOK!!!, Maka anda tidak akan pernah mendapatkan apa pun dalam dunia investasi selain kegagalan. Namun jika kegagalan itu dievaluasi untuk pelajaran, lalu anda memperbaiki diri untuk investasi selanjutnya, maka anda akan mendapat ilmu yang berharga. Ingat pengalaman adalah guru yang baik. Lakukan Manajemen Resiko anda dan tulis prinsip investasi anda sebelum memulai terjun di bidang investasi.

7. Bisnis Investasi adalah Bisnis MOMENTUM. Anda harus tahu kapan saat yang tepat untuk masuk dan kapan saat untuk keluar. Belajarlah untuk cepat mengambil keputusan, karena anda bermain dengan waktu.

Demikian juga hal nya jika anda ingin melakukan investasi dimana pun, maka anda harus buat sebuah prinsip investasi anda, jangan tergiur oleh janji-janji dan jaminan dari orang yang mengajak anda, karena tidak ada orang yang bisa menjamin investasi anda.

add from : www.kaskus.us
                  http://www.mascolis.com/2011/12/prinsip-berinvestasi.html

0 comments:

Post a Comment

TERIMAKASIH ATAS KOMENTARNYA.
Kapan-kapan komentar disini lagi ya?????