Jejak Langkah Sasaran MEDP
(Madrasah Education Development Project)
(Catatan 2007–2010)
A.
Sejarah
Madrasah
MADRASAH
IBTIDAIYAH NURUL HUDA CENGKOK. Madrasah ini didirikan di daerah pedesaan,
dibangun di atas tanah seluas 1360 m2 dengan luas bangunan Madrasah
640 m2 dan bertempat di desa Cengkok, kec. Ngronggot, kab. Nganjuk,
propinsi Jawa Timur. Jarak Madrasah dari pusat kecamatan 5 km dan jarak dari
Otada 30 km.
Madrasah
Ibtidaiyah NURUL HUDA merupakan sebuah pendidikan Islam yang berciri khas Islam
Ahli Sunnah Waljama’ah, di bawah kepengurusan Yayasan Pendidikan Nurul Huda dan
di bawah pembinaan Departemen Agama wilayah kabupaten Nganjuk dengan NSS/NSM :
111235180044.
Madrasah
Ibtidaiyah NURUL HUDA didirikan pada tahun 1960. Pada awal berdirinya, Madrasah
ini bernamakan Al – Huda dengan sistem pendidikan yang masih ala pondok
pesantren (tradisional) dan kegiatan belajar mengajar dilakukan pada sore hari
(diniyah). Pada tahun 1978, terjadilah perubahan nama menjadi Madrasah
Ibtidaiyah NURUL HUDA sampai sekarang dengan sistem pendidikan yang sudah
mengacu pada sistem pendidikan nasional dan proses kegiatan belajar mengajar
dilakukan pada pagi hari.
Pengesahan
SK tentang akreditasi lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah NURUL HUDA
ditandatangani oleh H. Roziqi selaku Kakanwil Depag Jawa Timur pada tanggal 232
Maret 2005 sebagai madrasah peringkat A dengan nomor : A/KW.13.4/367/2005.
Silsilah
perjalanan / perubahan dari tahun ke tahun menunjukkan kemajuan, dilihat dari
kwalitas maupun kwantitas mutu pendidikan, tahun 1978 Madrasah telah
terakreditasi (terdaftar), tahun 1992 akreditasi madrasah (diakui) dan pada
tahun 2005 telah memenuhi target tipe A.
Madrasah
Ibtidaiyah NURUL HUDA mempunyai visi dan misi ke depan, yaitu dengan VISI
MADRASAH “Terciptanya generasi muda yang berimtaq dan beriptek serta
berakhlakul karimah” dan MISI MADRASAH “Mencetak generasi muda yang kreatif,
beriman, berilmu pengetahuan dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari –
hari” yang mempunyai cirri khas Islam Ahli Sunnah Waljama’ah (setiap pagi
sebelum pelajaran membaca juz Amma, melaksanakan shalat Dhuha dan shalat Dhuhur
berjama’ah) dan mempunyai semboyan “fight, go, and win” (berusaha, maju, dan
sukses).
B.
Visi dan
Misi Madrasah
1.
Visi Madrasah
Terciptanya generasi muda yang berimtaq dan
beriptek serta berakhlakul karimah.
2.
Misi Madrasah
Mencetak generasi muda yang kreatif, beriman,
berilmu pengetahuan, dan mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.
C.
Perkembangan
Siswa dan Guru
1.
Siswa
No.
|
Kelas
|
Jumlah
Siswa
|
|||||||
2006/2007
|
2007/2008
|
2008/2009
|
2009/2010
|
||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||
1
|
I
|
20
|
18
|
12
|
16
|
11
|
17
|
10
|
19
|
2
|
II
|
11
|
12
|
20
|
16
|
12
|
19
|
11
|
18
|
3
|
III
|
15
|
11
|
11
|
12
|
20
|
14
|
11
|
16
|
4
|
IV
|
12
|
18
|
15
|
11
|
11
|
12
|
20
|
14
|
5
|
V
|
16
|
13
|
12
|
18
|
15
|
10
|
11
|
12
|
6
|
VI
|
12
|
15
|
16
|
12
|
11
|
18
|
15
|
10
|
JUMLAH
|
86
|
87
|
86
|
85
|
80
|
90
|
78
|
89
|
2.
Guru
No.
|
Nama
Guru
|
Jenis
Kelamin
|
Pendidikan
|
Sertifikasi
|
Tunjangan
Profesi
|
|||
L
|
P
|
|||||||
1
|
Ali Musthofa, S.Pd.I
|
L
|
|
S-1
|
-
|
-
|
||
2
|
Samsuniyah, S.Pd.I
|
|
P
|
S-1
|
sudah
|
belum
|
||
3
|
Syaifulloh, S.Pd.I
|
L
|
|
S-1
|
sudah
|
belum
|
||
4
|
Surateni, S.Pd.I
|
|
P
|
S-1
|
-
|
-
|
||
5
|
Munasir, S.Ag
|
L
|
|
S-1
|
-
|
-
|
||
6
|
Jupri, S.Pd.I
|
L
|
|
S-1
|
-
|
-
|
||
7
|
Moh. Sholeh Abidin, S.Pd
|
L
|
|
S-1
|
sudah
|
belum
|
||
8
|
Ulik Anuroh, S.Pd.I
|
|
P
|
S-1
|
-
|
-
|
||
9
|
Munjiati, S.Pd.I
|
|
P
|
S-1
|
-
|
-
|
||
10
|
Wahyudi Ridlo
|
L
|
|
D-II
|
-
|
-
|
||
11
|
Fitrti Anasari
|
|
P
|
SMK
|
-
|
-
|
||
12
|
M. Burhan Efendi
|
L
|
|
MA
|
-
|
-
|
||
13
|
Suryani
|
L
|
|
MA
|
-
|
-
|
||
JUMLAH
|
8
|
5
|
-
|
3
|
-
|
|||
D.
Perkembangan
Capaian Akademis Madrasah
a.
Hasil Ujian Nasional
No
|
Mata Pelajaran
|
Hasil
UAN
2007
|
Hasil
UAN 2008
|
Hasil
UAN
2009
|
Hasil
UAN 2010
|
||||||||||||||||||||
T
|
R
|
RT
|
T
|
R
|
RT
|
T
|
R
|
RT
|
T
|
R
|
RT
|
||||||||||||||
1
|
Bahasa
Indonesia
|
8.24
|
5.00
|
6.17
|
8.80
|
2.80
|
6.26
|
8.40
|
3.60
|
6.72
|
9.20
|
3.00
|
6.45
|
||||||||||||
2
|
Matematika
|
8.00
|
5.00
|
5.68
|
7.75
|
2.00
|
4.38
|
9.75
|
3.75
|
6.05
|
10.0
|
2.25
|
4.75
|
||||||||||||
3
|
IPA
|
7.88
|
5.00
|
5.52
|
9.00
|
3.00
|
5.35
|
9.00
|
4.50
|
7.00
|
7.75
|
3.25
|
6.34
|
||||||||||||
JUMLAH
|
24.12
|
15.00
|
17.37
|
25.55
|
7.80
|
15.99
|
27.15
|
11.85
|
19.77
|
26.95
|
8.50
|
17.57
|
|||||||||||||
( T : tinggi, R : rendah, RT : rata-rata )
b.
Akreditasi Madrasah
Akreditasi
|
|||
2007
|
2008
|
2009
|
2010
|
-
|
-
|
-
|
B
|
c.
Prestasi Murid
No.
|
Nama
Murid
|
Prestasi
|
|
Akademis
|
Non
Akademis
|
||
1.
|
Nailil
Muna
|
Juara
I CCNU
|
-
|
2.
|
Iva
Ellita
|
|
Juara
I Kaligrafi
|
d.
Prestasi Guru
No.
|
Nama
Guru
|
Prestasi
|
|
Akadamis
|
Non
Akademis
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
*
Tulis
guru yang mendapatkan prestasi saja.
e.
Sarana Prasarana
1.
Sarana Fisik
No.
|
Sarana
|
Jumlah
|
|||
2007
|
2008
|
2009
|
2010
|
||
1
|
Ruang Kelas
|
6
|
6
|
6
|
6
|
2
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
1
|
1
|
1
|
3
|
Ruang Laboratorium IPA
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Ruang Laboratorium IPS
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Ruang Laboratorium Bahasa
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Ruang Laboratorium Komputer
|
-
|
-
|
-
|
1
|
7
|
Ruang Unit Kesehatan Sekolah
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
WC / kamar mandi
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9
|
Ruang Kantor
|
1
|
1
|
1
|
1
|
*
Jika ada
lagi yang bellum tercantum dalam kolom, mohon ditulis.
2.
Prasarana Fisik
No.
|
Prasarana
|
Jumlah
|
|||
2007
|
2008
|
2009
|
2010
|
||
1
|
Perpustakaan
a. Buku Pengayaan
b. Buku Referensi
c. Buku Panduan Pendidik
|
200
judl
12
|
-
6
|
-
|
-
|
2
|
Laboratorium IPA
a. KIT Peraga
b. Rangka tubuh manusia
|
|
|
3 set
|
3 set
1 set
|
3
|
Laboratorium IPS
a.KIT
|
|
|
CD
Peta Tematik
|
5 peta
|
4
|
Laboratorium Bahasa
|
|
|
|
|
5
|
Laboratorium Komputer
a. Destop
b. Lap Top
c. Multimedia
d. Website, E-mail
|
-
-
-
-
|
-
-
-
-
|
-
-
-
-
|
1 buah
1 buah
1 buah
1 buah
|
6
|
Unit Kesehatan Madrasah (UKM)
a.
|
|
|
|
|
f.
Kelembagaan dan Akses Madrasah
1. Peran dan Kegiatan Komite Madrasah.
Ikut
menangani sarana prasarana Madrasah seperti pembangunan fisiknya dan
pembiayaanya dan memantau perkembangan madrasah
2. Peran dan Kegiatan MGMP, KKG.
Penggerak terlaksananya KKG di tingkat kecamatan
3. Hubungan madrasah dengan dunia usaha/industri.
4. Hubungan madrasah dengan Perguruan Tinggi.
Sebagai nara sumber dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru
madrasah
5. Hubungan madrasah dengan ormas pendidikan.
6. Hubungan madrasah dengan LPMP.
7. Hubungan madrasah dengan lembaga bimbingan
belajar.
8. Hubungan madrasah dengan lembaga
internasional/nasional.
Mendapatkan bantuan ADB melalui MEDP
9. Hubungan madrasah dengan yayasan Pendidikan/Badan
Hukum Pendidika Penyelenggara
10. Hubungan madrasah dengan media massa.
11. Hubungan madrasah dengan pemerintah daerah.
Pernah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2007,berupa bangunan Fisik
Dan
buku pengayaan.
0 comments:
Post a Comment
TERIMAKASIH ATAS KOMENTARNYA.
Kapan-kapan komentar disini lagi ya?????